Cara Membuat Sitemap/Daftar Isi Berdasarkan Label di Blogger

Kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat sitemap blog. Namun sebelum melangkah lebih dalam sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu sitemap. Sitemap atau peta situs adalah kumpulan dari artikel yang ada di blog kita. Sitemap ini hanya berkerja di blogspot dan tidak bisa digunakan di wordpress.

Sitemap atau daftar isi ini akan tampil berdasarkan label maksudnya artikel akan tampil dan dikelompokkan berdasarkan label masing-masing. Jadi jika postingan anda belum ada labelnya silakan beri label supayaa tampil di sitemap daftar isi.

Fungsi Sitemap

Lalu apa fungsi sitemap ini? Seperti halnya dengan daftar isi yang ada di buku yang fungsinya untuk memudahkan pembaca dalam mengetahui isi buku yang dibaca. Dengan adanya sitemap maka akan membantu pengunjung atau robot dalam mengetahui isi dan struktur blog kita.Sitemap/daftar isi sangat penting dalam blog dan merupakan syarat wajib jika anda ingin  mendaftar google adsense.

Cara Mudah Membuat Sitemap di Blogger [100% Work]

Sitemap yang ada di blog sangat bermanfaat bagi pengunjung blog dalam mengetahui/mencari konten di blog kita. Sitemap/daftar isi yang bagus adalah daftar isi yang bisa update artikel yang baru di blog kita atau daftar isi otomatis. Nah untuk sitemap yang akan saya bagikan ini merupakan sitemap otomatis jadi akan secara otomatis mengupdate artikel baru.

Banyak sitemap yang tidak work,hal ini karena tutupnya hosting gratis dan errornya hosting yang digunakan untuk menghosting kode sitemap. Seperti errornya google drive. Untuk blogger kita harus membuat sitemap sendiri,tidak seperti wordpress plugin. Berikut tutorialnya.

Cara Membuat Sitemap Di Blogger

Langkah 1
Silakan masuk ke blogger lalu buat laman baru (Laman → Laman baru)
#Ubah mode penulisan dari compose menjadi HTML

Langkah 2
Silakan sobat salin kode dibawah ini lalu pastekan dilaman baru yang dibuat.

<script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.1/jquery.min.js">
</script>
<link href="https://googledrive.com/host/0B685uqap5sAIQWVXbHMyZ2ozX0U/sitemap-v1.css" media="screen" rel="stylesheet" type="text/css"></link>
<script src="https://googledrive.com/host/0B685uqap5sAIc0tvWHphd1lvT0E/sitemap-v1.js"></script>
<script src="http://www.anggasaveblog.blogspot.com/feeds/posts/summary?max-results=1000&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>
<script type="text/javascript"> var accToc = true;
</script>
<script src="https://sites.google.com/site/bloghostingbagus/javascript/daftarisiv2.js" type="text/javascript">
</script>
Ganti kode yang berwarna merah dengan url alamat blog anda.

Lalu klik publikasikan

Selesai. Cukup sekian tutorial cara membuat sitemap di blogger. Jika artikel ini bagus silakan dibagikan dengan orang lain. See you next artikel.Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Cara Membuat Sitemap/Daftar Isi Berdasarkan Label di Blogger"

  1. Makasih gan,blog ane acak"an wkwk semoga aja bisa pakai cara ini hehe

    ReplyDelete
  2. Wiiih mantep gan ,ane coba ,cocok buat ane yg newbee .

    ReplyDelete
  3. Mantap gan patut dicoba nih..

    ReplyDelete
  4. Gan aku mau nanya kalau membuat daftar isi sesuai kayak screen shoot chord tela dibawah ini gmana gan..??

    https://uploads.disquscdn.com/images/ebc26662aeb71e353643d217d39bba5fc23d5ba948de15ebcfb5ada01ff7f5ed.png

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti membuat daftar isi biasa mas,tinggal labelnya kasih hurf aja.

      Delete
  5. Makasih gan info nya sekarang saya sudah paham cara membuat Sitemap :D

    ReplyDelete
  6. Keren. Kebetulan di blogku blum ada daftar isinya

    ReplyDelete
  7. akhirnya bisa tampil sitemap blog saya, thx gan

    ReplyDelete
  8. kalo saya pake yang biasa. kali ini mau coba yang seperti ini pula

    ReplyDelete
  9. Diblog saya belum ada nih sitemap.. boleh dicoba nih.. ijin save ya mas bro.. ditunggu tulisan selanjutnya. Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Gan,,ko sitemap punya ane,,gk da nomornya ya??? Polos ja dulul doank gimana tu??

    ReplyDelete
  11. mantab artikelnya , memang bagi pemilik blog/web belum sempurna blognya kalau belum ada sitemapnya

    ReplyDelete
  12. saya sudah bikin sitemap di blog sebelah tetapi tdk ada urutan artikel nya, tetapi setelah saya ikutin panduan di blog nya mas angga akhirnya sitemap di blog saya berhasil dengan sempurna. terimakasih kang admin saya doakan smoga sehat selalu dan dimudahkan rizki nya :*

    ReplyDelete
  13. patut dicoba nih.soalnya ane blm punya sitemap....hehehe

    ReplyDelete
  14. Yang ane cari - cari nih,, tapi gak bisa copas kodenya, soalnya on via hp jadul :3

    ReplyDelete
  15. kalau diganti warnanya... kode mana yang harus diganti gan?

    ReplyDelete
  16. Langsung ane coba gan,, semoga berhasil. Terimakasih.

    ReplyDelete