Dampak Negatif dan Positif Membagikan Artikel Blog Di Facebook

Facebook merupakan media sosial terbesar didunia. Banyak sekali netizen yang mengakses facebook. Hampir seluruh orang di dunia ini mengetahui dan menggunakan sosial media karya Mark Zuckerberg. Karena banyaknya pengguna facebook maka facebook berpotensi tinggi untuk meningkatkan visitor blog. Banyak sekali brand-brand yang menawarkan dan mengiklankan facebooknya di facebook.

Banyaknya pengakses dan pengguna facebook maka anda bisa membagikan artikel anda ke facebook. Sehingga anda bisa menggunakannya sebagai peluang untuk meningkatkan visitor anda. Anda bisa memanfaat media sosial ini untuk melakukan blog walking dengan sesama blogger lain yang bisa anda temukan di grup blogger facebook. 

Dampak Negatif dan Positif Membagikan Artikel Di Facebook

Namun,jika anda berfikir bahwa facebook bisa anda gunakan untuk sarana mencari backlink anda salah besar. Kalian akan mendapatkan backlink namun backlink tersebut tidak berkualitas dan diperhatikan search engine.Namun dibalik kelebihan yang ada,anda juga akan menemukan kekurangan dan dampak negatifnya. Ya,facebook juga memiliki dampak negatif. Sebaiknya anda mengetahui dampak negatifnya berikut ini :

Dampak Negatif Membagikan Artikel Di Facebook

1. Blog Anda Akan Tenggelam

Jika anda mendatangkan pengujung dengan mengandalkan facebook maka lama-kelamaan situs/blog anda akan tenggelam di search engine. Maksudnya blog anda bisa tidak akan diindex oleh mesin pencari karena anda cenderung untuk membagikan artikel ke facebook yang merupakan media sosial/situs dengan alexa rank yang rendah. Selain itu artikel yang anda buat akan sulit untuk berada si page one / halaman pertama pencarian google.

Oleh sebab itu,jika anda ingin menggunakan layanan facebook ads anda harus memikirkan 2 kali. Facebook ads cocok untuk blog/situs online shop dan berita yang tidak terlalu memperhatikan SEO supaya diindex mesin pencari. Mencari backlink di facebook sangatlah sia-sia karena memiliki alexa rank yang rendah.

2. Korban Facebook

Membagikan artikel memang bagus apalagi jika ditemukan oleh orang yang sedang mencari artikel yang anda bagikan. Namun jika orang yang menemukan artikel anda adalah orang yang jahil,iseng,dan tidak suka dengan anda maka bisa saja blogs/situs anda akan dijadikan sarana kejahilan dan keisengannya.

Blog anda bisa saja dijingling melalui url artikel yang anda bagikan. Atau jika anda memiliki iklan/mempublikasikan iklan (adsense) di blog anda mungkin anda akan menjadi korban bom klik iklan.

3. Dihack

Banyak hacker yang sudah masuk ke facebook dan sudah meng hack website tersebut. Bayangkan jika website sebesar itu bisa di hack dengan mudahnya. Membagikan artikel anda ke facebook bisa berpotensi membuat blog anda di hack oleh hacker apalagi jika situs anda belum memiliki keamanan yang tinggi. Belum lagi blog anda bisa digunakan untuk tindak kejahatan.

4. Dianggap SPAM

Membagikan artikel sembarangan di facebook maka akan berpotensi blog anda akan dianggap spam. Terlebih lagi sekarang ini google juga mendeteksi artikel yang keluar dan dibagikan. Jika anda membagikan artikel secara sembarangan dan ada yang tidak menyukai artikel anda tersebut atau tidak ada tanggapan atas artikel yang anda bagikan maka ini akan berdampak buruk bagi blog anda.

Langkah yang baik jika ingin membagikan artikel ke facebook adalah membagikan artikel sesuai dengan topiknya. Seperti anda bergabung di grup facebook yang memiliki topik sama seperti artikel sobat. 

5. Tambahkan sendiri... 


Jadi jika anda membagikan artikel anda ke facebook anda harus berhati-hati. Supaya blog/situs anda aman. Tetap berhati-hatilah dalam menggunakan media sosial.

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Dampak Negatif dan Positif Membagikan Artikel Blog Di Facebook"

  1. Replies
    1. Paragraf atas gan,sengaja tidak saya buatkan poin2nya

      Delete
  2. Wah bahaya juga ya share blog ke facebook

    ReplyDelete
  3. Iyah nih mending murni dari google aja ya gan
    kapok ane X_X

    ReplyDelete
  4. waduhh..
    ngeshare sana sini bahaya juga ya๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  5. Untung belum pernah kena dampak negatif itu.

    ReplyDelete
  6. baru tahu saya gan! thanks infonya

    ReplyDelete
  7. Dari pada hanya share ke facebook lebih baik share di situs sosial bookmark yang punya page rank tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini juga mantap caranya,submit blog ke situs social bookmarking

      Delete
  8. yang paling bahaya sih, ada orang yang benci trus ngebomb iklan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu juga bahaya gan,bisa2 banned akun adsensenya

      Delete
  9. min mau tanya nih , pengamanan blog seperti apa min ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaman blog seperti apa mas? Kalau untuk artikel bisa pakai DMCA.

      Delete
    2. Saya udah daftar dmca tapi ygg free , apaakah biisa mengamankan blog saya dengan baik ? Apa bagusan yg berbayar ?

      Delete
    3. DMCA free tidak bisa mengamankan blog secara keseluruhan kita tidak bisa mengajukan laporan atas artikel yg copas karena DMCA free. Namun dengan memasang ligo DMCA di blog bisa membuat copaser takut untuk copasa arrikel di blog kita

      Delete
    4. Tambahan pengaman blog anda bisa menggunakan SSL

      Delete
  10. Iya tuh ada beberapa kasus juga di grup Blogger Indonesia.. yg kena hack :3

    ReplyDelete
  11. Ane cuma tau positifnya aja gan heheh

    ReplyDelete
  12. waahh perlu hati-hati kalo tenggelam nih

    ReplyDelete
  13. Ngga perlu takut juga sih share ke fb, yang penting bisa memanfaatkan dan menggunakannya dengan bijak ya lancar-lancar saja..
    Nice post, kalau bisa ditambah lagi ya positif & negatifnya, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,kalau digunakan dengan baik pasti bermanfaat

      Delete