Cara Supaya Blog Tidak Bisa DI COPAS Dengan CSS

Mungkin anda geram dengan banyaknya blog baru yang malah membabat habis semua artikel blog lama untuk di copy paste.Lantas bagaimana cara mencegah ulah copazer tersebut? Untuk mencegahnya tentu sulit dibutuhkan kesadaran dari copazer tersebut. Banyak cara untuk mencegah dan menghindari supaya blog kita tidak bisa dicopas tapi cara untuk copas pun juga banyak jadi tentu tidak ada kata aman agar blog kita tidak dicopas.

Walau demikian kita harus mencegah copazer tersebut agar tidak seenaknya copy paste artikel. Untuk mencegahnya ada beberapa cara termasuk dengan cara menambahkan javascript anti copy paste. Dengan memasang script ini pengunjung tidak bisa melakukan block text,klik kanan,bahkan open source sekaligus mematikan perintah CTRL + C atau CTRL + V. Tentu dengan memasang script ini blog kita bakalan aman dari tindakan copy paste.  Entah script ini berpengaruh terhadap SEO atau tidak tapi patur untuk dicoba.

Blog sering di copas pasang aja script anti copas dengan css anti copas maka akan menonaktifkan fitur selected atau block text sehingga tidak terjadi copas.

Namun script ini saya rasa tidak cocok untuk blog yang berbagi ilmu pengetahuan yang mungkin pengunjung harus menyelin artikel yang ada untuk membuat laporan tugas atau makalah. Terlebih lagi untuk  blog yang membagikan tutorial blogging yang tentunya berbagi script kode tentu pengunjung tidak ingin mengetik kode scriptnya secara manual. Tapi tenang saja ada cara lain yang juga ampuh tanpa harus memasang javascript di blog.

Cara Agar Blog Tidak Bisa Di Copas Dengan CSS

Kita akan menggunakan CSS agar blog kita tidak bisa dicopas. Cara ini adalah mematikan fitur block text sehingga copazer tidak bisa melakukan tindakan copasnya. Gimana mau copas block text aja gak bisa. Kekurangan dari kode ini adalah pengunjung masih bisa melakukan klik kanan dan open source/CTRL + U tapi tenang saja yang namanya copazer pasti tidak mau repot-repot sampai melakuakn open source artikel kita.

Kelebihan dari cara ini adalah anda bisa mengatur bagian mana yang boleh disalin. Jadi cocok untuk anda yang membagikan script kode seperti blog ini. Untuk cek apakah cara ini bekerja anda bisa melihatnya di blog ini karena saya sendiri juga menerapkan cara ini di blog saya. Tertarik untuk menerapkan di blog kalian? Berikut ini caranya

Langkah 1
Silakan anda masuk ke blogger, pilih Tema → Edit HTML . 

Langkah 2
Cari kode ]]></b:skin> lalu salin kode berikut dan letakkan diatas kode ]]></b:skin>

/* CSS Anti-Copas */
.post-body {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}

.post blockquote,.post pre,.post code,.post i,.post b,.post color{
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
}

atau gunakan kode dibawah ini

/* CSS Anti-Copas */
.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}

.post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
.post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }

.post blockquote,.post pre,.post code,.post i,.post b{
-webkit-touch-callout:text;
-webkit-user-select:text;
-khtml-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-moz-user-select:text;
}

Jika tidak bekerja silakan anda sesuaikan kodenya sesuai dengan template blog anda karena setiap template memiliki kode yang berbeda.

Jangan lupa untuk menyimpan template. Nah sekarang coba buka blog sobat dan lihat apakah css nya sudah bekerja. Ok cukup sekian tutorial yng bisa saya bagikan semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Supaya Blog Tidak Bisa DI COPAS Dengan CSS"

Post a Comment