Cara Redirect Page Not Found 404 Ke Halaman/Page Lain

Bagi anda yang memiliki banyak broken link atau link rusak pasti kesulitan dalam memperbaiki broken link tersebut apalagi jika broken link yang ada diblog kita sangatlah banyak tentu akan sulit untuk mencari dan memperbaikinya. Link rusak ini akan menyebabkan munculnya laman page not found yang menunjukkan laman yang dicari tidak ditemukan. Bagaimana jika pengunjung tidak menemukan artikel yang mereka cari? Tentu mereka akan langsung mengclose/back untuk mencari artikel lain.

Untuk mengetahui adanya broken link ada 2 bisa menggunakan broken link checker atau menggunakan google webmaster tools. Kesalahan perayapan/crawl yang dilakukan robot google akan memunculkan broken link nah dengan ini kita bisa mengetahui laman mana yang mengalami broken link.

Bagaimana jika tidak bisa menemukan broken link lainnya? Kita bisa meminta bantuan kepada pengunjung agar melaporkan kepada kita url mana yang mengalami error page not found dengan begitu bisa segera diperbaiki dan pengunjung bisa mengakses kembali lamannya. Caranya anda bisa membuat laman page not found tersebut otomatis redirect ke laman lain,bisa ke laman contact us sehingga pengunjung bisa melaporkan dengan segera.

Membuat Pengalihan Page Not Found 404 ke Laman Lain

Pengalihan yang dilakukan akan dilakukan secara otomatis. Jadi untuk setiap laman page not fund jika kita sudah melakukan cara dibawah ini maka akan dialihkan secara otomatis kelaman yang diinginkan. Misalkan kita alihkan kelaman yang isinya meminta pengunjung untuk lapor jika ada page not found. Bagaimana caranya? 

Salin kode dibawah ini

<script type = "text/javascript">
yukita_redirect = setTimeout(function() {
window.location.href = 'URL-Laman';
}, 10);
</script>

Ubah URL-Laman dengan url laman yang akan dijadikan tujuan pengalihan laman page not found.

Buka blogger, pilih Setelan → Preferensi Penelusuran → Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan → klik Edit. Lalu pastekan kodenya dikotak yang disedikan dan klik Simpan perubahan. (Lihat gambar dibawah)


Cara Redirect Page Not Found 404 Ke Halaman/Page Lain

Selesai...itu dia artikel tentang cara redirect page not found 404 ke laman lain. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Redirect Page Not Found 404 Ke Halaman/Page Lain"

  1. Di blog saya dada peringata seperti ini "Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog Anda diabaikan oleh mesin telusur. "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg diedit bagian Kesalahan dan Pengalihan gan bukan yg robot.txt ,untuk pengalihannya aman kok

      Delete