Tips dan Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Membuat Artikel - Inspirasi Menulis

Bingung Mau Buat Artikel? Baca artikel ini. Kali ini kita akan membahas tentang artikel. Membahas tentang cara membuat artikel. Pasti kalian sudah tahu bagaimana cara membuat artikel postingan tapi disini yang akan kita bahas adalah ketika kita kehilangan ide untuk membuat artikel apa berikutnya.

Tentunya anda sudah harus memiliki blog terlebih dahulu selain blog anda juga harus menentukan niche blog apa yang akan anda kembangan supaya kita bisa mendapatkan ide atau referensi untuk membuat artikel. Ketika anda telah menerbitkan banyak artikel di blog anda tentunya anda pernah mereka bingung ingin membuat artikel apa berikutnya.

Bingung Mau Buat Artikel? Berikut Tips dan Cara Menemukan Ide Untuk Membuat Artikel

Artikel yang sedang anda baca ini juga merupakan artikel kebingungan saya,karena saya juga sudah kehabisan ide jadi maafkan jika nanti anda juga ikut bingung dan kurang jelas. Menentukan ide artikel sangatlah mudah sebenarnya. Anda hanya perlu memikirkan lagi tentang niche anda.

Sebelum anda membuat artikel dan anda mulai mengetik dan menulis artikel di blog anda,lebih baik jika anda memikirkan konsepnya terlebih dahulu. Konsep apa? Konsep artikel yang akan dibuat. Bagaimana judulnya? Keyword yang digunakan dan juga isinya. Jika anda tidak memikirkan itu terlebih dahulu maka anda akan kebingungan ketika ingin menulisnya. Supaya lebih jelasnya silakan anda simak tips berikut ini (Tips untuk menemukan ide menulis) :

Tips Menemukan Ide Untuk Menulis Artikel

1. Pergi Ke Tempat Sepi dan Nyaman

Silakan anda pergi ketempat sepi bukan dikuburan tapi dirumah saja atau lebih tepatnya dikamar. Atau jika anda memiliki ruang khusus untuk menulis dan menemukan ide anda bisa kesana. Di tempat sepi anda bisa menemukan ide lebih banyak dibandingkan anda berada di tempat ramai. Anda bisa tenang dan memikirkan konsep yang akan anda buat.

2. Jauhkan Hal-Hal Yang Menghambat Anda

Jika anda merasa terhambat dengan suatu hal anda bisa menjauh dari hal tersebut. Contohnya seperti HP anda tidak akan untuk berfikir jika ada HP disamping anda. Jika HP anda bunyi maka anda akan membuka HP tersebut,bukan hanya membalas chat anda juga malah bermain HP hal inilah yang menghambat anda. Jika sekiranya penting letakkan saja HP sejauh satu lompatan dengan begitu ketika HP bunyi maka anda akan malah untuk mengambilnya. (True Story)

3. Dengarkan Musik

Inilah yang sering saya lakukan,jika saya sedang kehabisan ide untuk membuat artikel saya sering mendengarkan lagu terlebih dahulu. Supaya kita lebih santai dan relaxe. Dijamin anda akan menemukan ide dari musik yang anda putar.

4. Makan Kenyang

Jika anda kenyang pasti anda akan memiliki energi untuk berfikir. Jadi supaya anda bisa mendapatkan ide artikel yang berkelimpahan silakan makan kenyang terlebih dahulu.

Jika anda sudah melakukan 4 tips tersebut dan ide tak kunjung datang itu menandakan anda sedang stres berat. Tapi jangan khawatir karena saya masih memiliki sejuta cara lain. Apa itu caranya? Simak dibawah ini.

Cara Mendapatkan Ide Untuk Membuat Artikel

1. Gunakan Google Autocomplete

Ketika anda menggunakan google silakan masukkan kata yang ingin anda cari tetapi jangan keseluruhan karena google akan otomatis melengkapi kata tersebut berdasarkan jumlah pencarian terbanyak. Jika anda bingung ingin membuat artikel apa silakan masuk ke www.google.co.id dan masukkan keyword anda di google dan google akan melengkapi keyword kalian tersebut.

Dengan begitu anda bisa mendapatkan 2 keuntungan,anda mendapatkan ide untuk artikel dan anda juga mendapatkan keyword yang paling banyak dicari sehingga anda bisa mendapatkan banyak pengunjung.

2. Keyword Tool

Tool ini juga bisa digunakan untuk riset keyword tetapi juga bisa untuk membantu anda mencari ide artikel. Cara sama seperti yang pertama. Silakan buka situsnya dilink berikut http://keywordtool.io/ lalu masukkan kata kunci anda ,contoh "cara" lalu klik enter atau ikon pencarian. Setelah itu akan tampil data pencarian dari mesin pencari. Silakan pilih artikel yang ingin dibuat.

3. Menggunakan Ubersuggest.io

Semua cara yang saya berikan ini digunakan untuk melakukan riset keyword. Dengan menggunakan ubersuggest.io anda bisa mencari ide artikel dan juga mengetahui keyword yang banyak digunakan. Lalu bagaimana caranya. Buka dulu situsnya dilink berikut https://ubersuggest.io/ lalu masukkan keyword anda dan juga pilih negara. Jika sudah klik enter. Data keyword akan ditampilkan.

Gimana sudah menemukan ide membuat artikel. Jika sudah langsung saja buka blogger dan mulai menulis. Cukup sekian tutorial yang bisa saya bagikan,semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Tips dan Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Membuat Artikel - Inspirasi Menulis"

  1. Wah kalo ketempat sepi bener banget tuh gabakal bisa mikir ane kalo pada berisik, cuman saran aja jangan yg sepi banget dan gelap takutnya olahraga 5 jari :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya juga kalau sampai senam 5 jari malah gak jadi nulis nanti

      Delete
  2. Emang sih, kalau cari inspirasi buat artikek itu susah

    ReplyDelete
  3. Benar gan, perlu beberapa kiat untuk mendapatkan ide untuk membuat artikel.

    ReplyDelete
  4. Makanya saya lebih memilih membuat blog gado-gado ketimbang blog niche tertentu karena kalau blog gado-gado kita tidak akan kehabisan ide.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. bagus juga ini kalau aku biasanya ke tempat yang tenang sambil ditemani musik

    ReplyDelete