Apa itu Backlink? Manfaat dan Kegunaan Backlink Untuk Blog - Teknik SEO Off Page

Backlink siapa yang tidak kenal istilah tersebut? Kecuali bagi anda yang tidak berkecumbu di dunia blogging pasti kurang mengenal istilah tersebut. Istilah tersebut muncul untuk mengartikan tentang link yang kembali jika diterjemahkan. Namun backlink sendiri adalah link yang mengarah/menuju blog kita.

Link tersebut bisa mengarah langsung ke home page/beranda blog kita atau juga bisa menuju ke salah satu artikel di blog kita. Backlink ini sangatlah berpengaruh terutama terhadap SEO suatu blog. Backlink yang berkualitas memang sangat bagus untuk meningkatkan SERP. Backlink yang bagus akan memperbagus blog kita namun backlink yang buruk malah akan berdampak buruk terhadap blog kita.

Apa itu Backlink? Manfaat dan Kegunaan Backlink

Backlink Yang Bagus dan Buruk

๐Ÿ”บ Backlink bagus dan berkualitas : 
  • Backlink yang didapatkan dari situs yang berkualitas (Memiliki DA dan PA tinggi dan SERP yang bagus,dll) 
  • Backlink yang diberikan dengan sengaja dan sadar oleh pemilik situs,bukan backlink berbayar
  • Backlink yang relevan 
Contoh : Saya mendapatkan backlink dari blog niche blogging(Niche yang sama dengan blog saya) dengan DA & PA 8,diberikan dengan sukarela. ๐Ÿ‘ Backlink berkualitas

๐Ÿ”บ Backlink buruk :
  • Backlink berbayar/spam/tanpa diketahui pemilik situs/terpaksa
  • Situs berkualitas rendah (Judi/p*rno)
  • Tidak revelan 
Contoh : Menanamkan backlink dalam komentar di situs judi/p*rno (komentar spam) ๐Ÿ‘Ž Hal ini sangat tidak disukai google karena blog anda akan dianggap sebagai blog spam.


Manfaat Backlink Untuk Blog

Backlink memiliki banyak manfaat dan kegunaan tapi dalam tanda kutip backlink tersebut merupakan backlink yang berkualitas ๐Ÿ‘ . Jika anda memiliki banyak backlink berkualitas terlebih lagi jika beratribut dofollow maka akan memiliki dampak positif yang besar untuk blog anda.

Baca juga : 4 Cara Mudah Supaya Artikel Cepat Terindex Google

Backlink bisa meningkatkan trafik blog anda selain itu backlink juga meningkatkan SERP blog anda di search engine. Memang backlink sangat berhubungan erat dengan SEO. Semakin banyak backlink yang anda miliki (backlink berkualitas) maka semakin bagus nilai SEO blog anda.

Ada 2 macam model atau teknik backlink yaitu backlink memusat dan backlink melingkar. Istilah tersebut merupakan istilah yang saya ciptakan untuk memudahkan dalam memahami fungsi dan manfaat backlink. 

1. Backlink Memusat

Backlink ini bisa diibaratkan seperti bentuk segitiga dengan blog utama disudut segitiga. Disini kita akan memanfaatkan blog-blog lain untuk mendapatkan backlink dan backlink tersebut mengarah ke blog utama. Dengan begitu maka blog utama akan memiliki SERP yang tinggi serta memiliki trafik yang banyak.

Apa itu Backlink? Manfaat dan Kegunaan Backlink

Backlink memusat juga bisa menggunakan blog dummy. Blog dummy adalah blog yang sengaja dibuat hanya untuk ditanamkan backlink. Anda tidak perlu mengurus blog dummy tersebut. Anda hanya perlu mengurus blog dummy ketika anda pertama kali membuat blog dummy tersebut seperti melakukan optimasi dan membuat artikel.

Baca juga :  Belajar Menggunakan Google Webmaster Tools

Blog dummy biasanya berupa blog zombie yang dimanfaatkan karena memiliki page rank yang tinggi.Anda bisa menggunakan model backlink memusat jika anda memiliki banyak blog atau berminat untuk menggunakan blog dummy.

2. Backlink Melingkar

Bisa ini bisa anda gunakan jika anda memiliki banyak blog utama dan tidak memiliki blog dummy yang bisa digunakan untuk ditanam backlink. Sesuai dengan namanya backlink ini bentunya seperti lingkaran. Backlink akan terus berjalan memutar. 

Apa itu Backlink? Manfaat dan Kegunaan Backlink

Contoh jika anda memiliki blog A,B,C,dan D. Jika anda ingin menggunakan model backlink melingkar maka anda bisa menanamkan backlink yang mengarah ke blog A di blog B,menanamkan backlink yang mengarah ke blog B di blog C,menanamkan backlink yang mengarah ke blog C di blog D,menanamkan backlink yang mengarah ke blog D di blog A,dan begitulah seterusnya.

Jadi backlink akan terus berjalan namun yang perlu diperhatikan adalah backlink yang diberikan haruslah backlink yang relevan dengan blog.Gunakan backlink mode melingkar bagi anda yang memiliki banyak blog dan ingin meningkatkan visitor dengan cepat.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Apa itu Backlink? Manfaat dan Kegunaan Backlink Untuk Blog - Teknik SEO Off Page"

  1. Nah, ini yang saya cari nih untuk negabangun blog baru..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih gan,jadi tau saya jenis-jenis backlink

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sering pakai yang backlink memusat. dan dummynya dari preview template

    ReplyDelete
  4. ohh jadi backlink sangat berpengaruh untuk mendatangkan visitor ya

    ReplyDelete
  5. saya susah gan mau nyari back link yang niche nya sama dengan saya

    ReplyDelete