Cara Menggunakan Sertifikat SSL/HTTPS Pada Blogspot - Fungsi,Manfaat,dan Kegunaannya

Pentingnya penggunaan sertifikat SSL untuk blog. Pernahkan anda melihat logo/ikon gembok hijau didekat alamat blog/situs ketika anda mengunjunginya. Itulah tanda bahwa situs tersebut menggunakan sertifikat SSL. Selain ikon gembok hijau pasti juga ada perbedaan dengan url alamat blog yang anda kunjungi.

Menciptakan koneksi yang aman/secure merupakan salah satu fungsi menggunakan SSL. Ciri-ciri jika blog menggunakan sertifikat SSL adalah :
  • Ada ikon gembok hijau  (Internet Secure)
  • Menggunakan HTTPS  bukan HTTP
Biasanya ketika mengunjungi suatu blog maka akan menggunakan fitur http namun jika situs tersebut menggunakan SSL maka url akan menggunakan fitur https. Banyak manfaat yang anda dapatkan jika anda menggunakan sertifikat SSL,khususnya jika anda memiliki situs jual beli atau online shop supaya pengunjung lebih percaya dan merasa aman berada di blog anda.

Manfaat Menggunakan Sertifikat SSL

1. Meningkatkan Kepercayaan ⇒ Dengan menggunakan sertifikat SSL maka akan meningkatkan kepercayaan pengunjung anda dalam menjelajahi blog anda selain itu juga membuat pengunjung percaya untuk menyimpan password,email,dll di situs anda.

2. Mencegah Phising ⇒ Phising adalah usaha untuk meniru blog anda tujuannya adalah untuk menipu pengunjung sehingga mereka berkunjung ke blog phising/tiruan tersebut dan menyimpan data-datanya di blog phising. Dengan begitu si pelaku phising mengetahui data yang disimpan seperti email,usernama,dan password. SSL membuat pelaku phising kesulitan untuk meniru blog anda karena tidak memiliki sertifikat SSL.

Cara Menggunakan Sertifikat SSL/HTTPS Pada Blogspot

3. Terlihat Profesional ⇒ Blog yang menggunakan sertifikat SSL membuat blog tersebut terlihat profesional dan berkualitas dengan adanya ikon gembok hijau disamping url blog. Banyak situs kelas tinggi menggunakan SSL ,apakah anda ingin menjadi salah satu situs berkelas tersebut? Maka dari itu pakai SSL segera.

4. Meningkatkan SEO ⇒ Karena blog memiliki keamanan dan dianggap terpercaya sehingga akan meningkat kredibilitas blog anda dimata google. Blog anda memiliki keamanan dan kepercayaan dari pengunjung hal inilah yang menyebabkan nilai SEO blog anda meningkat.

Menggunakan Sertifikat SSL

Jika anda menggunakan subdomain blogspot maka anda bisa menikmati fitur https/SSL secara gratis tanpa berbayar. Karena fitur ini memang disediakan bagi pengguna blogger namun hanya yang masih menggunakan subdomain blogspot tidak berlaku bagi yang sudah custom domain.

Namun jika anda ingin menggunakan SSL untuk domain TLD anda ,maka anda bisa membelinya. Untuk sertifikat SSL yang murah anda bisa menggunakan comodo SSL. Bagi anda yang masih menggunakan subdomain blogspot dan tertarik untuk menggunakan sertifikat SSL maka silakan ikuti langkah dibawah :

Cara Mengaktifkan Sertifikat SSL HTTPS

Silakan masuk ke blogger, pilih Setelan → Dasar. Scroll ke bawah dibagian HTTPS,ubah dari TIDAK menjadi YA (Lihat gambar dibawah)

Cara Menggunakan Sertifikat SSL/HTTPS Pada Blogspot

Tunggu sampai selesai...

Nah sekarang coba cek dan lihat blog sobat apakah sertifikat SSL sudah diterapkan. Jika sudah seperti ciri-ciri yang saya sampaikan diatas akan ada ikon gembok hijau dan alamat akan menggunakan https. Cukup sekian tutorial yang bisa saya bagikan semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Sertifikat SSL/HTTPS Pada Blogspot - Fungsi,Manfaat,dan Kegunaannya"

Post a Comment