Tips Jitu Mengatasi Index Artikel Yang Lambat/Turun [Penyebab Deindex]

Pernahkah anda memperhatikan index artikel yang lambat dan malah deindex. Hal ini bisa anda perhatikan di google webmaster. Index artikel yang lambat bisa disebabkan beberapa faktor/ Faktor tersebut bisa dari dalam atau juga luar blog anda.

Semua hal berkaitan dengan blog anda selalu diawasi dan dipantau oleh google bot selama 24 jam. Namun anda bisa menikmati hal tersebut jika anda sudah mendaftarkan blog ke google webmaster tools . Google webmaster tools (GWT) atau juga disebut Google Search Console (GSC) merupakan situs milik google yang memang ditujukan untuk blogger.

Dengan google webmaster anda bisa menggunakan berbagai tools yang bisa membantu anda untuk mengoptimalkan situs anda dimata mesin pencari. Ada banyak tools penting yang perlu anda gunakan. Salah satu tools yang penting adalah melihat total index dan url yang sudah disubmit di google.

Artikel mengalimi deindex atau index artikel sangat lambat/turun. Hal itu mungkin karena anda jarang update artikel,ada error 404,dll. Berikut ini cara mengatasi aindex artikel yang lambat di google.

Index artikel blog anda bisa juga turun jika ada masalah dengan situs anda. Turunnya index artikel mungkin suatu hal yang menyedihkan karena membuat visibilitas blog kita turun di mata googe dan juga menurunkan trafik blog kita. 

Penyebab Index Artikel Lambat dan Turun

Artikel bisa lambat dalam index mungkin disebabkan karena beberapa hal. Ketika anda melihat sitemap ada kejanggalan antara jumlah artikel yang berhasil disubmit dan artikel yang berhasil diindex. Jumlah yang berbeda tersebut karena index artikel terhadap blog yang yang lambat. 

Atau juga pernah melihat data index artikel sebelum dan sesudah beberapa hari. Ada perbedaan jumlah yaitu jumlah index yang menurun. Hal itulah yang disebut deindex. Lalu apa yang menyebabkan index lambat dan deindex.

#1. Jarang Update Artikel

Update artikel sangatlah penting untuk menunjukan kepada google bahkan blog anda hidup. Selain itu blog yang jarang update tidak disukai google. Google jauh lebih suka dengan blog yang selalu update artikel.

#2. Banyak Error Page

Anda perlu memperhatikan kesehatan blog anda. Salah satu untuk mengetahui kesehatan blog adalah dengan menggunakan tools yang ada di google webmaster. Anda bisa mengetahui laman error 404 dengan mudah sehingga anda bisa memperbaiki laman error tersebut.

#3. Share Artikel

Share artikel juga sangat penting ternyata. Artikel yang sering dibagikan ternyata memiliki nilai tersendiri dimata google. Jika artikel banyak yang membagikan maka menunjukkan bahwa artikel tersebut memiliki banyak manfaat yang layak untuk dibagikan. 

#4. Update Algritma Google

Google terkdang update algoritma secara diam-diam tapi menghanyutkan. Google yang update algoritma baru kadang berdampak positif kadang berdampak negatif. Seperti algoritma fred baru-baru ini yang menumbangkan banyak blog.

Tips Mengatasi Index Artikel Yang Lambat/Turun

Ada beberapa cara untuk mengatasi index artikel yang lambat. Berikut tips caranya yang bisa anda gunakan :

1. Selalu Konsisten Update Artikel

Update artikel sangatlah penting untuk meningkatkan visibilitas blog anda di google. Selalu update artikel minimal 2 artikel sehari supaya index artikel anda normal. Selain itu jika anda konsisten update artikel maka blog anda juga bisa ramai pengunjung.

2. Gunakan Template  SEO

Ini sangat penting,template merupakan pondasi dalam membuat blog. Supaya template anda SEO Friendly jangan lupa untuk menambahkan meta tag seo dan juga meta keywords dan deskripsi di blog anda. 

3. Selalu Cek Kesehatan Situs Anda

Anda bisa cek kesehatan blog anda dari error 404 melalui google webmaster tools  Karena di GWT blog anda akan selalu diawasi 24 jam. Biasanya error 404 terjadi karena laman blog anda yang sudah terindex di google tidak bisa ditemukan. Anda bisa menghilangkan error 404 dengan menghapus url yang sudah terindex .

4. Update Artikel Lama dan Lakukan Fetch as google/submit url 

Anda bisa lakuakn update artikel dan edit artikel anda menjadi lebih baik. Jika sudah dianggap cukup silakan lakukan fetch as google atau submit url artikel tersebut.

Nah itu dia cara mengatasi index artikel yang lambat/turun di google semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Jitu Mengatasi Index Artikel Yang Lambat/Turun [Penyebab Deindex]"

Post a Comment