Apa itu SSL? Manfaat dan Keuntungan Jika Menggunakan SSL

Ada yang belum tahu SSL? SSL bisa dikatakan sebagai alat keamanan untuk situs. Karena bisa mengamankan pengunjung dan juga blog anda. Jika anda ingin supaya situs anda lebih baik dari sebelumnya,lebih aman,lebih terpercaya,lebih profesional,dan lebih-lebih lainnya maka situs anda perlu memakai SSL. Berikut penjelasan tentang SSL :

Secure Socket Layer (SSL) adalah suatu protokol layer transpor yang berfungsi dalam koneksi internet yang aman. Jika anda ingin supaya koneksi internet anda aman maka anda harus memakai SSL.Koneksi yang menggunakan SSL merupakan koneksi yang aman anda bisa mengirim atau menerima data yang aman.

Apa itu SSL? Manfaat Jika Menggunakan SSL?

Pernahkah anda melihat alamat blog/situs yang memakai https atau melihat ikon gembok hijau disamping url alamat situs tersebut. Ikon gembok hijau tersebut bukan berarti anda telah menyimpan password atau anda harus menyimpan password tetapi menunjukkan bahwa situs tersebut menggunakan SSL.situs tersebut menggunakan sertifikat SSL.

Ciri-ciri situs menggunakan SSL :

  1. Menggunakan protokol HTTPS
  2. Ada ikon gembok warna hijau
  3. 2 aja cukup... 

Sertifikat SSL ini biasa digunakan untuk domain situs. Untuk menunjukan keamanan bagi para pengunjung yang membuka suatu maka anda perlu memakai SSL. SSL memberikan 3 tingkatan keamanan :
  • Otentikasi : Memberikan kepastian bahwa pesan yang diterima dari seseorang yang aman dan terpercaya.
  • Kerahasiaan : Memastikan supaya pesan yang sedang dikirim tidak dibaca oleh orang yang tidak berhak.
  • Integritas : Menjaga supaya pesan tetap utuh tidak berubah selama dikirim.
Seperti yang saya katakan diatas,jika suatu website/situs menggunakan SSL pasti ada perubahan yang terjadi dengan alamat domain website tersebut,yang semula menggunakan HTTP setelah menggunakan SSL menjadi HTTPS. Namun tahukan anda perbedaan HTTP dan HTTPS.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan antara HTTP dan HTTPS sangatlah mencolok karena keduanya memang berlawanan,berikut perbedaan tersebut :
  1. Koneksi HTTPS menggunakan port 443 ,sedangkan HTTP menggunakan port 80
  2. HTTPS menerima data yang terinkripsi lewat SSL ,sedangkan HTTP melalui plain text
  3. HTTPS digunakan untuk situs yang menggunakan sertifikat SSL ,sedangkan HTTP tidak 

    Baca juga : Cara Menggunakan Sertifikat SSL/HTTPS Pada Blogspot

    Bagaimana cara menggunakan SSL? Jika anda menggunakan subdomain blogspot.com maka anda bisa menggunakan secara gratis,namun jika anda menggunakan domain TLD maka anda harus membeli SSL,bisa disitus penjual SSL atau situs penyedia hosting domain.

    Manfaat Menggunakan SSL

    1. Memberikan Keamanan Bagi Pengunjung

    Menggunakan SSL bisa memberikan rasa aman kepada pengunjung. Terutama bagi anda yang memiliki situs online shop atau forum. Dengan begitu data yang disimpan akan aman seperti kredit dan password. Selain keamanan juga akan membuat pengunjung situs betah berada disitus anda tanpa ada rasa takut.

    2. Meningkatkan SEO Situs

    Penggunaan sertifikat SSL bisa meningkat kredibilitas SEO situs anda. Karena keamanan yang ada maka akan meningkatkan score SEO situs anda. Situs yang menggunakan SSL akan memiliki nilai lebih dalam SERP. Blog anda bisa lebih mudah untuk terindex google dan berada di page one google

    3. Meningkatkan Visitor dan Penjualan

    Kita akan mendapatkan banyak visitor dan penjualan dikarenakan meningkatnya SEO blog kita bukan hanya itu saja visitor juga akan merasa aman. Terlebih lagi jika anda memiliki toko online maka penjualan anda akan bertambah pengunjung tidak takut untuk melakukan transaksi disitus anda.

    4. Keamanan Bertransaksi

    Bukan hanya keamanan dalam menyimpan data tetapi keamanan dalam bertransaksi. Ini dikhusukan bagi anda yang memiliki bisnis atau situs online shop. Buyer/pembeli tidak perlu takut lagi untuk bertransaksi karena sudah ada keamanan SSL.

    5. Situs Menjadi Aman 

    Bukan keamanan bagi pengunjung tetapi juga keamanan bagi blog anda. Blog anda akan aman dari tindakan hacking dan juga situs tidak bisa digunakan sebagai situs phising karena tidak bisa ditiru. Namun walaupun situs anda sudah menggunakan SSL tapi masih ada celah yang mungkin bisa mengancam keamanan situs anda. Contohnya seperti situs tiket.com dan telkomsel yang bisa dihack.

    Itu dia manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda memasang SSL untuk blog anda. Jika anda ingin merasakan manfaat-manfaat tersebut anda bisa langsung memakai SSL untuk blog anda. Cukup sekian pembahasan tentang SSL-nya semoga bisa membantu dan bermanfaat.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Apa itu SSL? Manfaat dan Keuntungan Jika Menggunakan SSL"

    Post a Comment