Cara Menggunakan Alat/Tools Pokok di Google Webmaster Dengan Benar

Webmaster google merupakan fitur khusus yang disedikan google bagi para blogger untuk mengoptimasikan situs blognya di pencarian google. Dengan kata lain google sudah membukakan pintu lebar-lebar bagi blogger yang ingin blog serta artikel postingannya bisa terindex di google.

Namun walaupun google sudah menyediakan tempat dan alat masih banyak pesaing yang perlu anda kalahkan.Banyak blogger yang menggunakan tools/alat yang disediakan di google webmaster. Kendati sudah disediakan tools namun masih banyak pula blogger yang belum mengetahui tools yang disediakan serta kegunaannya.

Cara Menggunakan Alat/Tools Pokok di Google Webmaster

Oleh sebab itulah artikel ini dibuat. Disini kita akan kupas tuntas tentang alat-alat yang ada di google webmaster tools.Namun apakah kalian tahu apa itu googlr webmaster tools? Sedikit sudah saya singgung diatas namun untuk jelasnya anda bisa baca artikel berikut Apa itu Google Webmaster Tool?

Setelah anda mengetahui tentang google webmaster maka kita akan berlanjut untuk pembahasan alat-alat yang ada didalamnya. Alat-alat/tools ini akan sangat berpengaruh untuk mengoptimasi blog anda di mesin pencari.  Berikut 4 tools yang paling penting yang perlu anda gunakan.

Tools/Alat Googgle Webmaster

1. Submit Sitemaps

Untuk tools yang satu ini anda tidak perlu lakukan setiap saat,setiap hari,setiap minggu,atau setiap bulan. Anda cukup gunakan tools ini ketika anda mendaftarkan situs anda ke google webmaster untuk pertama kalinya. Anda hanya perlu lakukan submit sitemaps sekali dan melakukan resubmint sitemaps setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.  Bagaimana cara melakukan submit stemaps? Baca artikel berikut Cara Submit Sitemaps ke Google Webmaster

2. Fetch As Google

Fetch as google jika diterjemahkan artinya ambil sebagai google. Tools ini menunjukkan bagaimana cara google mengambil blog serta artikelnya untuk dimasukkan ke mesin pencari google. Alat yang satu ini harus anda gunakan setiap anda selesai membuat artikel. Tools ini merupakan tools yang sangat penting jika anda ingin supaya artikel anda cepa terindex google. Lalu bagaimana cara menggunakan tools ini? Baca artikel berikut untuk lebih jelasnya Apa Itu Fetch As Google? Bagaimana Cara Menggunakannya?

3. Crawl Error

Tools yang satu ini digunakan untuk mengetahui kegagalan atau kesalahan perayapan yang terjadi di blog kita. Dengan tools ini kita bisa mengetahui laman/page mana yang error atau tidak bisa dilakukan perayapan/crawl. Tujuan dari tools ini adalah untuk memberitahu owner blog jika ada halaman yang error sehingga owner blog bisa memperbaikinya. Bagaimana cara memperbaikinya? Silakan simak tools yang ke-4.

4. Remove URLs

Nah tools yang ini berfungsi untuk memperbaiki kesalahan crawl namun tidak semua kesalahan crawl/perayapan bisa diperbaiki dengan tools ini. Kesalahan yang terjadi karena kesalahan crawl biasanya terjadi karena laman tidak ditemukan/error 404 sehingga kita perlu menghapus laman tersebut. 

Nah laman tersebut biasanya sudah terindex google namun karena laman tersebut tidak ditemukan maka anda perlu memperbaiki atau menghapusnya. Jika ingin menghapusnya maka anda bisa menggunakan toosl ini. Untuk lebih jelasnya baca artikel berikut Cara Menghapus Artikel Error 404 Yang Sudah Terindex Google 

Itu itu dia 4 tools pokok yang perlu anda gunakan di google webmaster. Gunakan tools tersebut dengan bijak jika anda ingin hasil yang maksimal. Cukup sekian artikel ini semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Alat/Tools Pokok di Google Webmaster Dengan Benar"

Post a Comment